Tips dan Cara Mendaftar PMDK Politeknik Negeri

By Ahmad Rian Fadillah - February 08, 2018



Eh.. Eh.. PMDK sudah dibuka loh pendaftarannya!
Ih kok baru tau, aku mau ikutan daftar dong, Caranya gimana ?
Ikutin caranya di My Blog, Stay here !!

Haloha semua, ini dia tips dan cara mendaftar PMDK PN feat Ahmad Rian Fadillah, hueheuhehe. Aku mau tanya apakah kamu tau apa itu PMDK PN ? XD

Apa itu PMDK PN ?
Penelusuran Minat dan Kemampuan Politeknik Negeri atau PMDK PN adalah seleksi jalur undangan yang diperuntukkan bagi calon peserta/siswa sekolah yang akan melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi bidang vokasi atau politeknik negeri di seluruh wilayah Indonesia.
Pola seleksi ini tertuang dalam suatu sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak melalui seleksi prestasi akademik siswa selama mengikuti pendidikan di Sekolah Lanjutan Tingkat Atas. Sekilas PMDK PN mirip dengan SNMPTN bagi Universitas/Institut Negeri namun khusus untuk Politeknik Negeri.

Sekarang aku mau kasih liat cara mendaftar PMDK PN bung (semacam tutorial gitu deh)! Cekidot!!

Tutorial daftar PMDK Politeknik Negeri

1. Pertama dan yang paling utama kunjungi Website resmi pendaftaran PMDK Politeknik Negeri klik Link Resmi PMDK PN atau copy web "http://pmdk.politeknik.or.id/" Seperti ini tampilan beranda websitenya (lihat gambar)



2. Kedua pilihlah menu "Aplikasi Pendaftaran" Just One Click bung! bisa juga lewat jalan pintas langsung klik disini. Tampilan menu "Aplikasi Pendaftaran akan terlihat seperti ini (lihat gambar)


3. Ketiga, disana terdapat 2 Pilihan, yaitu Sekolah dan Siswa, karena post ini bertujuan untuk siswa maka "klik menu siswa" yang terdapat gambar vektor orang. Jalan pintasnya bisa klik disini, tampilan gambar seperti ini, JANGAN SAMPAI SALAH MILIH! (lihat gambar)


4. Ini dia saatnya mengisi username dan password yang di dapatkan dari sekolah khusunya dari guru bimbingan konseling (karena mereka ahlinya XD) , kalo mau daftar PMDK ga bisa sendiri ya bung! pertama-tama pasti di data dulu, lalu sekolah akan daftarin kalian.

Nah, sebelumnya kan ada 2 pilihan : Sekolah atau Siswa, jadi kalian itu dimasukkan oleh sekolah dari menu sekolah tadi lohh, jangan sampai kepo ya sama username dan passsword sekolah kalian. huehuehehehe.

Contoh username dan password yang diberikan panitia itu dalam bentuk ini nih (lihat gambar) :

Yap, ini dia yang kepo sama username dan password nya XD, ternyata semuanya angka loh !
Next, masukkin semuanya angkanya di kotak Username dan Passwordnya !! . KIik "MASUK" untuk ke langkah selanjutnya! Tampilannya seperti gambar dibawah ini (lihat gambar)



5. Setelah masuk, akan terlihat 6 menu, yaitu Data diri, Data Rapor, Data Prestasi Ekstra, Data Keluarga, Lampiran, dan Pilih Politeknik 

Pertama isi Data diri seperti Nama, NIK, Jenis Kelamin, Alamat, Tanggal lahir, No. Telepon, dsb


6. Data Rapor, lihat aturannya ! Lihat kurikulum sekolah kamu apa? Lihat rangking kamu dari Semester 1-5, Lihat skala nilaimu, dan untuk di tahun 2018 ada informasi kalau nilai pengetahuan dan keterampilan di satukan dan dirata-ratakan.


7. Selesaikan semuanya ikuti persyaratan

8. Selesai

Eh.. Eh PMDK pastinnya menggunakan nilai rapot dari semester 1 - 5 SMA kalian ya, dan sekarang aku mau kasih tips :
Bagaimana Tips Mendaftar PMDK PN dan Lolos Seleksi !
*tips ini juga penting buat kalian yang masih belum kelas 12, so, stay here

1. Mencoba untuk mendaftar adalah tips pertama dan yang utama, jangan takut tidak lolos!
2. Beritahu pihak sekolah khususnya ke guru BK untuk minta didaftarkan
3. Minta konsul ke guru BK atau guru Bimbel tentang politeknik mana yang mau dituju
4. Jangan lupa dengarkan kata orang tua, dan minta doanya
5. Jangan salah isi data, baik data sendiri,keluarga,dan pilih politeknik
6. Prestasi lebih diutamakan dari pada nilai rapot
7. Walaupun nilai rapot besar tapi tidak ada prestasi, akan kalah dengan orang yang nilainya lebih kecil dari dia tetapi punya banyak prestasi
8. Sistem PMDK seperti SNMPTN tidak ada yang tau sistemnya XD

Wow, bung! thank you so much telah membaca postingan ini pak,bu,kak,de,nek,kek,om,tante, dsb
Terima Kasih sudah membaca semoga bermanfaat. Jika kamu ada pertanyaan bisa  comment dibawah dan Share Post ini karena siapa tau diluar sana masih ada yang belum mengetahuinya. Oke, Dari Saya Mohon Maaf Lahir dan Batin dan Sampai Jumpa. Bye :)











  • Share:

You Might Also Like

0 komentar