Takut Kuliah di Universitas Indonesia karena mahal ?

By Ahmad Rian Fadillah - March 02, 2018

Takut Kuliah di Universitas Indonesia karena mahal ?


[Kuliah di UI? Nggak mau, mahal ah!]


         Setidaknya kita pernah mendengar kalimat di atas, bukan? Yap, mengenyam pendidikan di bangku perkuliahan, khususnya dalam konteks ini adalah berkuliah di UI, memang sangat kental dengan stigma yang demikian. Hal ini akhirnya memunculkan anggapan bahwa adalah hal yang tidak mungkin bagi masyarakat kurang mampu untuk berkuliah di perguruan tinggi. Mengenyam pendidikan di bangku perguruan tinggi ternama dengan biaya perkuliahan yang bisa dibilang tidak sedikit seolah menjaga eksklusivitas dari perguruan tinggi itu sendiri. Namun, tak ayal alasan tersebut juga menjadi penjegal utama kebanyakan pelajar di Indonesia untuk menggali pengetahuannya lebih lanjut di tingkat universitas. Dalam hal ini, beasiswa berperan sebagai salah satu solusi dari problem tersebut, dan Departemen Pendidikan & Keilmuan BEM UI memainkan posisinya sebagai salah satu departemen yang menjadi wadah minat bakat keilmuan dari mahasiswa UI.


Jadi, apa sebenarnya acara  Beasiswa UI itu sendiri?  Beasiswa Universitas Indonesia merupakan salah satu program Universitas Indonesia tahun ini, yang bertujuan untuk memberikan beasiswa yang tersedia di UI dan kita semua bisa memerolehnya. Hal ini juga bertujuan untuk membantu para mahasiswa UI yang gelisah mengenai biaya perkuliahan, sehingga senantiasa mampu mengejar asanya di bangku perkuliahan, terutama di Universitas Indonesia. 

Dalam hal ini, Universitas Indonesia memainkan perannya untuk menjembatani kebutuhan sekaligus mencarikan jalan keluar baik bagi para mahasiswa maupun bagi khalayak umum yang ingin mengenyam pendidikan di UI dengan problematika mengenai beban biaya perkuliahan yang ada. Selain itu, program Beasiswa ini ikut menjamin keberlangsungan seorang mahasiswa terutama yang tidak mampu secara finansial dalam mengenyam pendidikan, menjadikan program Beasiswa ini sebagai manifestasi salah satu visi perguruan tinggi yang tertuang dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi, yakni terlaksananya Pendidikan dan Pengajaran.

Keberadaan acara seperti ini patut diapresiasi keberadaannya. Memang, akan banyak kekurangan maupun hambatan yang akan dihadapi Universitas Indonesia dalam menjalankan program kerja ini. Ke depannya, saya pribadi mengharapkan kegiatan semacam ini dapat lebih dimasifkan skalanya, agar wawasan para mahasiswa maupun khalayak umum mengenai beasiswa menjadi bertambah, dan anggapan bahwa masyarakat kurang mampu tidak dapat berkuliah—terutama di perguruan tinggi ternama seperti UI—dapat dipatahkan. 

Karena sejatinya, belajar dan mengenyam pendidikan adalah hak bagi semua orang, bukan begitu?

Terima Kasih sudah membaca semoga bermanfaat. Jika kamu ada pertanyaan bisa  comment dibawah dan Share Post ini karena siapa tau diluar sana masih ada yang belum mengetahuinya. Oke, Dari Saya Mohon Maaf Lahir dan Batin dan Sampai Jumpa. Bye :)

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar