Rohis Bagi Pendidikan Indonesia

By Ahmad Rian Fadillah - January 16, 2017

  


     Post ini adalah salah satu dari kegiatan Sekolah Menengah Atas (SMA) di Indonesia yang masih berlangsung hingga detik ini. Semoga masih akan berlanjut selamanya. Aamiin.

  Admin akan membahas tentang "Rohis Bagi Pendidikan Indonesia" kenapa begitu? karena pasti para orang islam yang sukses dunia dan  akhirat pasti waktu SMA bergabung dengan rohis kan. Rohis menjanjikan dan membuat orang yang ikut (dengan serius dan aktif) pasti akan lebih diunggulkan dari orang yang tidak ikut rohis. karena di rohis ini banyak manfaatnya sob. Coba dulu sob baru ngomong. Jangan Jaim pasti beberapa hari kemudian kalau sobat aktif dan ramah pasti banyak yang temannya.  Oke langsung aja lihat beberapa penjelasan tentang rohis.  Cekidot!!


Menurut Wiki Rohani Islam (Rohis) itu :

Pengertian

Rohani Islam (disingkat Rohis) adalah sebuah organisasi memperdalam dan memperkuat ajaran Islam. Rohis sering disebut juga Dewan Keluarga Masjid (DKM). Rohis biasanya dikemas dalam bentuk ekstrakurikuler di sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas. Fungsi Rohis adalah forum, pengajaran, dakwah, dan berbagi pengetahuan Islam. Susunan dalam Rohis layaknya OSIS, di dalamnya terdapat ketua, wakil, bendahara, sekretaris, dan divisi-divisi yang bertugas pada bagiannya masing-masing. Ekskul ini memiliki juga program kerja serta anggaran dasar dan anggaran rumah tangga. Rohis mampu membantu mengembangkan ilmu tentang Islam yang diajarkan di sekolah.

Kegiatan

Rohis umumnya memiliki kegiatan yang terpisah antara anggota pria (ikhwan) dan wanita (akhwat). Tapi tidak selalu. Hal ini dikarenakan perbedaan mahram di antara anggota ikhwan dan akhwat tersebut. Apabila kajian di tempat terbuka, seperti masjid, aula dan lapangan, maka kegiatan bisa di gabung antara pria dan wanita dengan catatan harus ada pemabatasnya. Kebersamaan dapat juga terjalin antar anggota dengan rapat kegiatan serta kegiatan-kegiatan di luar ruangan. Tujuan utama Rohis mendidik siswa menjadi lebih Islami dan mengenal dengan baik ajaran dan segala hal tentang Islam. Dalam pelaksanaannya, anggota Rohis memiliki kelebihan dalam penyampaian dakwah dan cara mengenal Allah lebih dekat melalui alam dengan cara pembelajaran Islam di alam terbuka (rihlah).

Manfaat

Rohis sendiri memiliki manfaat tersendiri untuk anggota yang mengikuti ekstrakurikuler yang berada di dalam sekolah tersebut, terutama mengajak kepada kebaikan dengan agenda-agenda yang bermanfaat. Rohis bukan sekadar ekskul biasa. Lebih dari itu Rohis adalah satu-satunya organisasi yang komplet dan menyeluruh. Ilmu dunia dan ilmu akhirat dapat ditemukan di sini. Rohis juga media pengajaran cara berorganisasi dengan baik, pembuatan proposal, bekerja sama dengan tim, dan pendewasaan diri karena dituntut untuk mengutamakan kepentingan kelompok atau jamaah di atas kepentingan pribadi.

Sejarah

Rohis berdiri sejak akhir tahun 1980, berawal dari sebuah upaya dan keinginan untuk memberikan solusi kepada para pelajar Muslim untuk menambah wawasan Islam, karena jam pelajaran di sekolah sangat terbatas sehingga Rohis sebagai wadah memperdalam agama Islam.

Kegiatan


Kegiatan-kegiatan Rohis adalah sebagai berikut:

- Pembelajaran Islam lewat metode kelompok setiap minggu.
- Pembelajaran Islam di alam terbuka. (Tafakur Alam)
- Malam bina iman dan takwa (mabit).
- Baca tulis Alquran (BTA).
- Perbaikan bacaan Alquran dengan tajwid aplikatif (tahsin).
- Penghafalan Alquran sehari 1 ayat.
- Pelatihan motivasi untuk menyeimbangkan kecerdasan intelektual, kecerdasan spiritual, dan kecerdasan emosional.
- Kelompok belajar untuk mencetak muslim berprestasi.

Menurut pengalaman saya dapat dijelaskan rohis itu begini:

1. Mempunyai Keluarga Ketiga

kenapa ketiga? karena pertama itu di rumah, kedua itu di kelas dan ketiga itu di Rohis wokwkwk. karena di Rohis itu pemikiran kita sejalan semua layaknya keluarga dan kita merasa nyaman di Rohis apalagi kalo di Masjid... Wahh enak banget. 

2. Pengalaman Organisasi

Tentu saja Rohis itu suatu organisasi di SMA yang wajib harusnya diikuti oleh umat muslim. Disini kita harus belajar berorganisasi misalkan menjadi Ketua Rohis, Sekretaris , Divisi apa dan lain-lain. 
Dengan itu pengalaman kita bertambah ya sob.

3. Tambahan Pelajaran Pendidikan Agama Islam

Kita belajar PAI cuma 2-3 jam!! Kesulitan belajar agama? Join aja rohis sob. Terbuka selalu untuk anda. Di rohis kan ada program mentoring siswa dan ceramah disitulah kita menambah wawasan tentang agama. Bisa juga dengan obrolan dan saling tukar informasi sesama teman.

4. Belajar tentang Al Quran dan Isinya

Di rohis Kita akan diajarin cara membaca Al-Qur’an. Lebih dari itu kita juga akan belajar ilmu tajwid, ilmu tahsin, ilmu tafsir, dan ilmu tadabbur. Ilmu-ilmu itu adalah pondasi yang penting dalam mempelajari Al-Qur’an. dan kandungannya pun juga dipelajari

5. Dapat Bersosialisasi 

Ini keuntungan praktis ketika kamu dilantik jadi anggota rohis. Belajar bergaul. Di rohis kamu akan terbawa suasana pro aktif. Kamu akan terdorong untuk berkarya. Baik itu di kegiatan mentoring, taklim kelas, atau tafakur alam. Kamu akan dapet banyak teman. Lebih dari sekedar teman, tapi teman yang sholeh-sholehah. Bisa juga kan kita bisa kenal orang dari kelas lain atau kaka dan adik kelas yang kita tidak tau. Jadi berteman.

6. Saling Bertukar Ilmu Tentang Islam 

Nah, di Rohis banyak berkumpul anggota dengan berbagai keterampilan yang unik. Ada yang jago murottal qur’an. Ada yang hafal qur’an beberapa juz. Ada juga yang bakat seni. Kamu bakatnya apa? Berbagi keterampilan bisa nambah pengalaman yang pasti manfaat buat pengembangan diri kamu. Kalo saya di rohis macem macem ada yang suka cerita tentang rasul, ada yang suara adzan nya bagus, ada yang baca al-qur'an nya bagus,dll. Kan bisa kita bisa minta tips nya tuh hihihi.

7. Terhindar dari Merokok, Narkoba dll.

Rokok dan Free Seks itu musuh kita bersama! bukan hanya musuh Rohis semata. Bedanya di Rohis kita melawan! kita gak akan diem melihat rokok menyebar ke teman – teman kita apalagi narkoba dan free seks.Narkoba, Mabuk itu semua wajib ditinggalkan.

8. Wawasan Tentang Islam Pasti Bertambah

yupp benar, kalau kita aktif rohis dan tekun mengikuti rohis. pasti wawasan kita bertambah semakin hari otak kita diberikan ilmu yang sangat bermanfaat dan berfaedah.

Sebenarnya masih banyak manfaat lainnya, tapi admin tidak tulis satu persatu. Silahkan tulis di komentar tentang rohis sedang kalian ikuti. Yang masih SD dan SMP itu tidak ada rohis, dan adanya di SMA saja jadi saran saya kalian SD dan SMP dengan Berstandar Islam Terpadu. Tapi itu terserah kalian juga ya sob. 

Terima Kasih sudah membaca semoga bermanfaat. Jika kamu ada pertanyaan bisa  comment dibawah dan Share Post ini karena siapa tau diluar sana masih ada yang belum mengetahuinya. Oke, Dari Saya Mohon Maaf Lahir dan Batin dan Sampai Jumpa. Bye :)

Baca Juga : 
Tugas Tentang Adjective Order

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar