Bekerja Bersama itu Hidup Tertib dan Saling Pengertian untuk #UbahJakarta

By Ahmad Rian Fadillah - August 20, 2017



   Nama saya Ahmad Rian Fadillah, saya lahir di negeri yang sangat indah, alamnya mempesona dan budayanya yang melimpah. Sejak kecil aku cinta negeriku, mulai dari keramahan penduduknya dan makanan khasnya yang mendunia. Sejak kecil juga aku selalu menggunakan berbagai jenis angkutan umum mulai dari angkot, becak, delman, bajaj, kereta listrik ,dan lainnya. Saya lahir di jaman millenium dan lahir tepatnya di Ibu Kota Jakarta, dahulu transportasi umum memang sudah ada tetapi fasilitasnya tidak "secanggih" di tahun ini. Dahulu kereta saja pintu nya masih terbuka, jadi banyak orang yang duduk di pinggir pintu sambil merasakan kencangnya angin dari luar, ada yang diatas gerbong kereta sambil menikmati pemandangan, bahkan ada pengemis di dalam kereta.YA.. memang begitu kondisi transportasi jaman dahulu, mulai dari keamanan, kenyamanan, ketertiban semuanya tidak begitu dirasakan. Karena tujuan kita naik transportasi umum ya untuk sampai tujuan kita. Kita tidak memikirkan akibat melakukan kegiatan yang disebutkan diatas. Jadi, kalau pemerintah tidak bertindak tegas mau sampai kapan kita begini !!! Beberapa tahun kemudian, semua itu sudah lewat dan akhirnya berubah seperti yang kalian lihat sekarang. Tapi apakah dengan memperbaiki fasilitas kita bisa mengatasi macet di JAKARTA ? Menurut saya, Tidak. Kenapa tidak ? Coba kalian lihat di berbagai macam media seperti internet, televisi, koran, dan lainnya. Semua masih membicarakan tentang kemacetan di Ibu Kota Jakarta.



Seperti gambar diatas , Jakarta sudah menerapkan angkutan umum Transjakarta, tapi lihat lagi Jakarta tetap macet, bahkan Bus Transjakarta itu sendiri kena macet! Saya pernah merasakan itu dan parahnya saya dalam keadaan berdiri dan bisnya penuh dengan penumpang. Kalo dari opini saya kenapa banyak yang memakai kendaraan pribadi karena sama saja, sama-sama kena macet, tapi kalau kendaraan pribadi kita bisa duduk. 

" Walaupun fasilitas Angkutan Umum sudah bagus, tetapi tidak diselingi dengan hidup tertib dan saling pengertian tetap saja macet itu masih ada" 


Hidup tertib itu bisa diartikan sebagai hidup dengan damai, tanpa ada masalah. Tetapi Apa ? Masalah itu tetap saja ada, kurangnya saling pengertian di beberapa masyarakat itu masih saja ada. Contohnya seperti banyak orang yang bukan disabilitas duduk di kursi disabilitas, saling memperebutkan tempat duduk, tidak mengantri, tidak mendahulukan orang yang keluar dari angkutan umum, bercanda di dalam angkutan umum seperti lari-larian, ketawa melewati batas wajar, iseng kepada orang yang kita tidak kenal. Itu semua masih terjadi di sekitar kita, walaupun jarang kita temukan dan ada juga yang sering kita temukan. Jangan pernah kita melakukan contoh diatas. 

Transportasi Online 

Sejak tahun 2015 , saya baru merasakan hadirnya transportasi online ini. Menurut saya, transportasi online itu suatu ide yang cerdas agar mempermudah konsumen untuk menemukan angkutan dan ini hanya menggunakan smartphone. Dengan online kita bisa memesan transportasi dari dari dalam kamar, dan diantar dari depan rumah ke tempat tujuan. Enak banget!! Mudah banget!! Di tahun ini baru hanya ada ojek motor, ojek mobil dan taksi. Untuk transportasi online ini juga baru ada di beberapa kota besar atau daerah disekitar kota besar itu, seperti JABODETABEK. 


Untuk masalah macet, ini tidak cukup untuk membantu menyelesaikan masalah, karena transportasi online ini ibaratkan kita naik kendaraan pribadi tapi ada supirnya, kita cuma duduk sebagai penumpang. Jadi hakikatnya sama seperti naik kendaraan pribadi saja, bedanya kendaraannya bukan punya kita, tapi punya si pengemudi itu. 

Untuk masalah transportasi online ini kalian harus tertib dan saling pengertian dengan ojek pangkalan dan angkot. Kalau menurut saya, sebaiknya semua angkutan itu bisa Online dan Offline, Jadi tidak ada pertengkaran sesama warga Indonesia. Karena memang fakta bahwa indonesia beragama dalam semua hal.

MRT Jakarta ( Mass Rapid Transit )

Menurut Wikipedia MRT Jakarta, singkatan dari Mass Rapid Transit Jakarta atau Angkutan Cepat Terpadu Jakarta adalah sebuah sistem transportasi transit cepat yang sedang dibangun di Jakarta. Proses pembangunan telah dimulai pada tanggal 10 Oktober 2013 dan diperkirakan selesai pada tahun 2018.

Setelah sekian lama, rencana pembangunan MRT dari saya lahir dan sekarang ini sosok MRT yang semua masyarakat impikan akhirnya akan terwujud. Roda transportasi umum harus selalu di tingkatkan, hadirnya kereta rel listrik (Commuter Line) tidak berpengaruh untuk menyelesaikan masalah, sosok MRT diyakinkan bisa mengubah jakarta dan mengurangi jumlah kendaraan yang setiap hari terus memadatkan jakarta. Saat ini MRT masih dalam proses pembangunan, sudah tampak di sudut jakarta ada sebuah jalan layang khusus MRT. 



Perlu diketahui bahwa KRL dan MRT itu sebenarnya sama-sama kereta dengan menggunakan listrik, tetapi yang membedakan KRL itu hanya  1 Jalur, biasanya terdapat di dekat jalan raya dan keretanya itu kelihatan dari jalan raya. Beda dengan MRT yang punya 2 Jalur, yaitu jalur layang dan bawah tanah, jalur layang bisa dilihat di sudut jakarta atau jalan tol di wilayah jakarta, untuk jalur bawah tanah tidak bisa dilihat, tetapi MRT Jakarta selalu mengambil gambar bagaimana perkembangan proyek MRT Jakarta dan itu bisa dilihat di Sosial Media resmi MRT Jakarta :
Website MRT Jakarta, Facebook MRT Jakarta, Twitter MRT Jakarta, Instagram MRT Jakarta, Youtube MRT Jakarta.


Jalur bawah tanah MRT bisa kamu lihat di gambar, sungguh tidak sabar untuk segera mencoba MRT Jakarta. Pembangunan ini selesai bertepatan dengan Asian Games 2018 yang akan diselenggarakan di Jakarta dan Palembang. Pada saat Asian Games, otomatis semua orang se-Asia akan datang ke Indonesia, para media dunia juga akan meliput ini. Jadi kembali kepada diri kita bahwa kita wajib hidup tertib, disiplin, saling pengertian, jaga sopan santun dan etika. 

" Pelaksanaan tata tertib itu sebagai wujud displin yang dilakukan oleh warga negara sebagai cerminan karakter suatu bangsa"

Kita semua sebagai warga negara Indonesia harus menunjukkan makna asas kebersamaan untuk membangun indonesia menjadi lebih baik. Harapan Bangsa Indonesia yaitu meningkatkan gotong -royong yang saat ini kita sadari sudah mulai memudar di semua lapisan masyarakat. Ayo semua bangsa indonesia ajak semua orang untuk bersama-sama bekerja untuk membangun Indonesia menjadi lebih maju. Dengan bersama-sama dan tidak memandang latar belakang masyarakat tentunya akan menjadikan bangsa Indonesia lebih harmonis dan dapat mencapai target yang telah direncanakan. 

Dengan Bekerja Bersama Kita #UbahJakarta Untuk Lebih Tertib dan Teratur


Terima Kasih sudah membaca semoga bermanfaat. Jika kamu ada pertanyaan bisa  comment dibawah dan Share Post ini karena siapa tau diluar sana masih ada yang belum mengetahuinya. Oke, Dari Saya Mohon Maaf Lahir dan Batin dan Sampai Jumpa. Bye :)

#MRTJakarta 

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar